PENGERTIAN SISTEM DAN PENGERTIAN DATA

Istilah sistem berasal dari bahasa Yunanu yaitu”Sistema”yang artinya “
suatu kesatuanyang terdiri komponen atau elemen yang di hubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi,materi atau energiuntuk mencapai suatu tujuan.Atau dapat juga di katakana bahwa pengertian sistem adalah sekumpulan unsur /elemen yang saling berkaitan da saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai tujuan.Untuk memahami istilah sistem yang di maksud secara definitive akan dijelaskan pengertian sistem yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli sebagai berikut

Menurut Murdick.R.G: Suatu system adalah seperangkat elemen yang membentuk kumoulan atau procedure-prosedure /bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan pengoperasian data dan/barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi atau energy dan barang.

Menurut Jogianto: mengemukakan bahwa system adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata adalah suatu objek nyata,seperti tempat,benda,dan orang-orang yang betul ada dan terjadi.

Menurut Indrajit: mengemukakan bahwa sistem mengandung arti kumpula- kumpulan dari komponen-komponen yang dimiliki unsur keterkaitan antara satu dengan yang lainya.


Dengan berbagai teori tersebut dapat disimpulkan bahwa suatu sistem yangdi rancang tidak akan bisa bediri sendiri,dan akan selalu memiliki ketergantungan terhadap komponen ataupun subsistem yang lain dalam menyelesaikan atau untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Tujuan sistem adalah menyediakan dan mensistematikan informasi yang merekflesikan operasi-operasi organisasi.Sedangkan kegiatanya adalah mengambil,mengolah menyimpan seluruh aktifitas didalam organisasi.

1 Elemen-Elemen Sistem
Batas Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah
sistem,yaitu:tujuan,masukan,proses,keluaran,batas,mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan.Berikut penjelasan mengenai elemen-elemen yang membentuk sebuah sistem:

Tujuan
Setiap Sistem memiliki tujuan(goal),tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem.Tanpa tujuan, sistem meenjadi tidak terarah dan tidak terkendali.

Masukan
Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk kedalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang di proses. Masukan dapat berupa hal-hal yang terwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak.contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah,sedangkan yang tidak berwujud adalah informasi.

Proses
Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai. keluaran Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan.pada sistem informasi,keluaran bisa berupa sustu informasi,saran,cetakan laporan dan sebagainya.


Yang disebut batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah diluar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi,ruang lingkup,atau kemampuan sistem.

Mekanisme pengendalian dan Umpan Balik
Mekanisme pengendalian dan umpan balik Mekanisme pengendalian (controlmechanism) di wujudkan dengan menggunakan umpan balik.(feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuanya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

Lingkungan
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. Lingkungan yang merugikan tentu saja harus ditahan dan dikendalikan supaya tidak mengganggu kelangsungan operasi sistem,sedangkan yang menguntungkan tetap harus terus dijaga, karena akan memacu terhadap kelangsungan hidup sistem.

2 karakteristik Sistem
Suatu sistem mempunyai karateristik atau sifat-sifat yang tertentu, yaitu: komponen (components)
Terdidri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi,dan komponen dapat terdiri dari bebrapa subsistem atau sub bagian, diman setiap sub sistem tersebut memiliki fungsi khusus dan akan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.

Batas Sistem
Batas Sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainya atau dengan lingkungan yang luarnya.Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batas suatu System menunjukkan ruang lingkup ( scope) dari sistem tersebut
Lingkunga Luar Sistem ( environments) Lingkungan luar sistem ( enviroments) adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar dapat bersifat menguntungkan dan merugikan.Lingkungan yang menguntungkan harus tetap dijaga dan dipelihara ,sebaliknya lingkungan lingkungan yang merugikan harus ditahan dan dikedalikan, kalau tidak ingin terganggu kelangsungan hidup sistem.
Load disqus comments

0 comments