Faktor- Faktor Pendukung Komunikasi

A. Dukungan Materil
Dari Pemerintah dan perusahaan swasta yang ada disekitar Desa Loa Duri Ilir.

B. Dukungan Non-materil

1) Faktor SDM
a. Peran Kader. Terbentuknya kader pada masing-masing RT dapat membantu mempermudah proses sosialisasi PHBS.

b. Peran Tenaga Kesehatan
Selain jumlah yang cukup, keahlian dan kemampuan serta wawasan para tenaga kesehatan sangat membantu terlaksananya proses sosialisasi PHBS, serta bergamnya latar belakang dari masing-masing para Nakes dapat membantu mengatasi hambatan komunikasi akibat bahasa daerah yang beragam pada masyarakat Desa Loa Duri Ilir.

c. Jumlah Pengguna Air PDAM
Banyaknya jumlah masyarakat pengguna air PDAM juga turut membantu pelaksanaan indikator menggunakan air bersih yang juga membantu mengurangi sebab timbulnya penyakit Demam Berdaran, Malaria, Diare serta penyakit kulit.

d. Faktor Profesi
Sebagian masyarakat Desa Loa Duri Ilir yang bekerja sebagai petani, peternak dan pengrajin juga dapat menjadi factor pendukung pelaksanaan indikator gerak fisik secara aktif mengingat tugas petani, peternak dan pengrajin membutuhkan gerakan tubuh, seperti mencangkul, menanam, mengarit rumput, memanen, mencari bahan baku kerajinan dan lain sebaginya.

2) Faktor Kondisi Sosial Lingkungan
Faktor sosial. Faktor sosial desa yang padat penduduk, mampu mempermudah penyebaran informasi secara cepat.

a. Faktor Geografis
Lokasi Puskesmas Loa Duri Ilir yang letaknya berada ditengah-tengah permukiman warga dapat mempermudah akses masyarakat untuk melakukan penimbangan balita, pemeriksaan dan perawatan wanita hamil, imunisasi, persalinan serta berobat.

b. Faktor Lingkungan
Tidak adanya bangunan industry di desa Loa Duri Ilir turut mendukung terlaksananya program PHBS, karena dengan begitu akan membantu mengurangi tingkat pencemaran darat, air maupun udara.
Load disqus comments

0 comments