Pengertian Belajar Menurut Ahli

Pengertian Belajar Menurut Ahli

Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.

Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.


Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.

Sedangkan Pengertian Belajar menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.

Pengertian Belajar Menurut Ahli

Dari beberapa pengertian belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa semua aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar.

Musim penghujan, rumah anda belum ada kanopinya? 
Read more: PENGERTIAN BELAJAR : Pengertian Belajar Menurut Para Ahli


Home »Science Psychology» Understanding Learning According to Experts 
Understanding Learning According to Experts 

Posted by 'Haryanto, S. Pd onNovember 22, 2010 
12 
Understanding Learning According to Experts 

understanding of learning 

According to Winkel, Learning is all mental or psychic activity that takes place in an active interaction in the environment, which resulted in changes in the management of comprehension. 

According to Ernest R. Hilgard in (Sumardi Suryabrata, 1984: 252) learning is a process that was done on purpose, which then resulted in a change, the situation is different from that caused by other changes. 


The nature of the changes are relatively permanent, will not return to its original state. Can not be applied to the changes caused by momentary circumstances, such as changes due to fatigue, illness, drunk, and so on. 

While Understanding Learning by Gagne in his book The Conditions of Learning, 1977, a similar study demonstrated changes in behavioral changes, which keadaaannya different from before individuals are in a learning situation and after doing the same action. The changes are the result of an experience or training. In contrast to necessarily change as a result of reflex or instinctive behavior. 

Moh. Surya (1981: 32), the definition of learning is a process of individual efforts to obtain a new behavior change overall, as a result of the individual's own experience in the interaction with the environment. The conclusion that can be drawn from the second definition above, that in principle, learning is a change of one's self. 
Understanding Learning According to Experts 

From some of the above study it can be concluded that all mental or psychic activity undertaken by a person causing behavioral changes after different between study and prior learning. 
Thus Understanding Learning According to experts, may be useful. 

Rainy season, your house no canopy? Check prices and latest models => List Price! 

Read more: UNDERSTANDING LEARNING: Understanding Learning According to the Experts

belajar dewasa ini defenisinya dikonotasikan dengan perubahan tingkah laku (change in behavior). Jika kita membaca buku-buku pendidikan, kita akan menemukan banyak sekali defenisi atau pengertian belajar yang dikemukakan oleh para Ahli. Secara umum, belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan kemampuan lainnya.

Pengertian Belajar 
W.S Winkel (1989:6) memberikan pengertian belajar sebagai bentuk perubahan diri seseorang yang dinyakatan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru, akibat pengalaman dan latihan. Sejalan dengan pengertian itu, Cronbach (1954:45) mengemukakan bahwa learning is shown by a change in behavior as result of experience. Sartain (1973: 240) mengemukakan pengertian belajar sebagai "The process by which a relativity enduring change in behavior occurs a result of experience practice. Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang relatif tahan lama sebagai hasil dari pengalaman.

Pengertian belajar lainnya dikemukakan oleh Whiterington (M. Buchori, 1983:3); Belajar adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian sebagaimana dimanisfestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang baru nyata dalam perubahan keterampilan, kebiasaan, kesanggupan, dan sikap. Surya (1985:23) mendefenisikan belajar sebagai suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Sejalan dengan itu, Reber mendefenisikan belajar yaitu Pertama, belajar adalah the process of knowledge, yakni proses memperoleh pengetahuan, Kedua belajar adalah A relatively permanent change in respons potentiality which occurs as result of reinforced practise, yaitu suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil latihan yang diperkuat.

Berdasarkan beberapa pengertian belajar menurut ahli di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar pada hakikatnya merupakan suatu usaha. suatu proses perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri individu sebagai hasil pengalaman atau hasil interaksinya dengan lingkungannya. Perubahan hasil belajar ini hanya berkaitan dengan penambahan kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Akan tetapi juga berhubungan dengan perubahan pola-pola respon dari seluruh aspek-aspek kepribadian seseorang yang telah melakukan aktivitas belajar.

learned today defenisinya connoted with behavioral changes (change in behavior). If we read educational books, we will find a definition or understanding of learning proposed by the Expert. In general, learning is a process of change in the human personality, and the changes revealed in the form of increasing the quality and quantity of behavior such as increased skills, knowledge, attitudes, habits, understanding, skills, intellect, and other capabilities. 

Definition of Learning 
WS Winkel (1989: 6) provide an understanding of learning as a form of self-change in the way someone who dinyakatan-new ways of behaving, as a result of experience and practice. In line with the notion that, Cronbach (1954: 45) argues that learning is shown by a change in behavior as result of experience. Sartain (1973: 240) put forward the notion of learning as "the process by the which a relativity enduring change in behavior is a result of experience Occurs practice. Studying the behavior change process relatively durable as a result of experience. 

Understanding other learning proposed by Whiterington (Buchori M., 1983: 3); Learning is a process of change in personality, as manifested in a change in control of the response patterns of the new behavior is evident in the change of skills, habits, ability, and attitude. Surya (1985: 23) defines learning as a process of individual efforts to acquire new behavior changes as a whole as the individual's own experience in the interaction with the environment. Correspondingly, the study defines Reber First, learning is the process of knowledge, the process of acquiring knowledge, learning Both are relatively permanent change is a potentiality in response roomates Occurs as result of reinforced practice model, namely an ability to react to changes as a result of relatively lasting exercise strengthened. 

Based on some of the understanding according to experts in the above study, it can be concluded that learning is essentially a business. a process of behavioral changes that occur in the individual as a result of experience or the result of its interaction with its environment. Change the results of this study deals only with the addition of skills, skills, attitudes, understanding, self-esteem, interests, character, self-adjustment. But is also associated with changes in the response patterns of all aspects f one's personality that has made learning activities.
Load disqus comments

0 comments